Specification of services and business models dan service management system
Specification of sevices merupakan pedoman tertulis yang menjelaskan semua persyaratan dan tujuan dari setiap tahap spesifik dari pengalaman layanan. Spesifikasi layanan biasanya juga menyebutkan prinsip desain yang menginspirasi keseluruhan proyek. Setiap langkah dijelaskan secara mendetail, termasuk gambar atau materi relevan lainnya yang dapat membantu memahami spesifikasi. Spesifikasi layanan dapat digunakan untuk membantu para ahli dalam proses desain dan pengembangan (memberikan pengarahan kepada mereka tentang aktivitas tertentu) dan untuk mengoordinasikan implementasi layanan (memberikan panduan tentang bagaimana berbagai komponen digunakan).
Business Model adalah sebuah gambaran dasar tentang bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat sama seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi. Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business Model ini sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami secara intuitif.
- Service Management System
- Service Management System
Sistem manajemen layanan adalah sistem modular besar yang menggabungkan semua atau sebagian besar aspek organisasi berorientasi layanan. Untuk memiliki pola pikir manajemen layanan, organisasi harus memahami tingkat kematangan proses yang diperlukan untuk menjadi organisasi berorientasi layanan.
Organisasi manajemen layanan dapat berupa seluruh organisasi atau bagian khusus dari organisasi itu, yang paling umum adalah organisasi atau departemen TI. Itulah mengapa manajemen layanan sering dikaitkan dengan manajemen layanan TI, tetapi yang terakhir hanya sebagian dari yang pertama. Manajemen layanan dapat diterapkan pada organisasi apa pun seperti makanan, manufaktur, dan bahkan perawatan kesehatan, tetapi gagasan intinya tetap sama — untuk menyediakan sistem pusat untuk perencanaan, pengembangan, dan penyampaian layanan baik kepada organisasi itu sendiri maupun kepada pihak ketiga.
sumber :
https://www.techopedia.com/definition/30103/service-management-system-sms
https://ipqi.org/apakah-business-model-itu/
https://servicedesigntools.org/tools/service-specifications
Tidak ada komentar:
Posting Komentar